Senin, 25 April 2011

DEMOKRASI I


DEMOKRASI INDONESIA VS  DEMOKRASI BARAT

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu Demos yang artinya pemerintahan, dan Kratos yang artinya rakyat, jadi pengertian demokrasi adalah pemerintahan dari  rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat. Ada dua macam demokrasi, yaitu :
a.       Demokrasi terbuka
b.      Demokrasi tertutup
Sedangkan jenis-jenis demokrasi terbagi menjadi, yaitu :
a.       Demokrasi pancasila : Demokrasi yang berasas pada pancasila, di anut oleh Indonesia.
b.      Demokrasi liberal : Demokrasi yang menganut pada kebebasan, biasanya demokrasi ini  di anut oleh negara-negara di barat.
c.       Demokrasi komunis : Demokrasi yang di anut oleh kebanyakan negara-negara di daerah barat.
Membahas masalah perbedaan demokrasi di Indonesia dan di negara barat sungguh sangat berbeda, di Indonesia menganut demokrasi pancasila yang berasas pada pancasila yaitu dasar negara Indonesia, sedangkan negara-negara di barat menganut sistem demokrasi komunis dan liberal. Biasanya perbedaan ini terlihat pada saat memutuskan suatu keputusan untuk pemerintahan negara tersebut, di indonesia biasanya dalam mengambil keputusan untuk pemerintahan mengacu pada kepentingan orang banyak atau masyarakat bukan hanya kepentingan suatu golongan, begitupula dalam pengambilan keputusan tersebut selalu melibatkan masyarakat atau rakyatnya, hal ini karena dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat, sehingga keputusan yang diambil melalui aspirasi rakyat dan keputusan tersebut nantinya untuk kepentingan rakyatnya.
Sedangkan di negara-negara barat menganut demorasi liberal dan demokrasi komunis, biasanya demokrasi-demokrasi tersebut bersifat bebas, tidak melihat kepentingan orang banyak melainkan untuk kepentingan suatu gologan, atau bisa dikatakan keputusan yang diambil bukan dari rakyat melainkan pemerintah sendiri yang memutuskan keputusan tersebut. Adapun contoh demokrasi di Indonesia adalah pemilu (Pemiihan Umum), pada pemilu ini keputusan berada ditangan rakyat, karena rakyat ikut serta menyalurkan aspirasinya dengan memilih pilihan yang menurutnya adalah mementingkan kepentingan orang banyak bukan hanya suatu golongan saja. PEMILU biasanya diadakan untuk memilih presiden dan wakil presiden serta sebagainya, dan dalam pemilihan umum inilah pihak-pihak yang mencalonkan diri harus berpegang teguh pada dasar negar Indonesia yaitu pancasila dan memiliki rasa memikirkan kepentingan rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar