Minggu, 06 November 2011

TUGAS METODE RISET V


ANALISIS MENGENAI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET

METODE PENELITIAN


A.    Data
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, metode deskriptif yaitu sebagai suatu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian lembaga seseorang dan lain-lain pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya.  (Nawawi, 1990: 63)
Data yang digunakan Penulis adalah data sekunder, data sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui studi pustaka dimana pengambilan data ini dimaksudkan untuk mendapatkan data-data yang mendukung penulisan ini yang tidak diperoleh dari perusahaan.

B.     Sampel atau Populasi
Populasi dari penelitian ini adalah Alfamart dan Indomart di seluruh cabang wilayah tertentu, populasi ini diambil dari beberapa minimarket yang ada diseluruh Indonesia, karena kedua minimarket ini merupakan minimarket yang terdapat di berbagai wilayah dan pada daerah tertentu (perkotaan), minimarket ini mudah dicari. Oleh karena itu ditetapkan tiga lingkungan sebagai sampel wilayah, yaitu Tebet, Mekarsari dan Cibubur.

C.    Variabel
Data yang diperoleh dengan cara studi kepustakaan (library research) yaitu teknik pengumpulan data-data dengan mengacu pada buku-buku, laporan-laporan penelitian jurnal-jurnal, majalah, koran, pendapat-pendapat para ahli yang dianggap mempunyai hubungan dengan penelitian ini, yang dapat dijadikan sumber data bagi peneliti sehingga dapat mendukung terlaksananya penelitian dengan baik, data yang dikumpulkan di analisis secara deskriptif-kualitatif.
Variabel pada penelitian ini dapat dilihat berdasarkan lokasi, pelayanan, harga dan diskon maupun hadiah yang diberikan dari setiap produknya.



D.    Model Penelitian
Y = a+bx
    = a + b1 (lokasi) + b2 (pelayanan) + b3 (harga) + b4 (diskon) + c
Dalam penelitian ini Penulis dibantu dengan penulisan penelitian sebelumnya yaitu dengan menggunakan metode chi kuadrat (Chi Square) adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi atau actual (F) dengan frekuensi harapan atau ekspektasi (Fe) yang didasarkan atas hipotesis tertentu. Bentuk distribusi Chi Square adalah x2, nilai x2 adalah nilai kuadrat karena nilai x2 selalu positif (Appandy Zarkasie, 2011).


E.     Tahapan Penelitian

ü  Pengembangan variabel
1.      Lokasi
Masalah pemilihan lokasi merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan dengan matang, tidak jarang kesalahan dalam pemilihan lokasi mengakibatkan kegagalan dari usaha toko atau minimarket. Lokasi atau suatu daerah yang dipergunakan untuk membuka toko atau minimarket sebaiknya dipertimbangkan dua hal yakni telah ada kegiatan sejenis yang telah eksis dalam kurun waktu tertentu dan lokasi tersebut strategis (daerah sekitar kegiatan ekonomi setempat sangat bagus untuk prospek usaha ini).
Strategis dalam pengertian lokasi yang dipilih memiliki akses yang fleksibel untuk dijangkau, calon konsumen mudah mengetahui dan mendatangi karena salah satunya jalur tranportasi yang memadai, jalan untuk berkunjung cukup mudah karena ada jalan raya serta sarana kendaraan umum. Lokasi-lokasi yang biasa strategis dan sangat sesuai untuk didirikan usaha toko atau mini market adalah :
s  Jalan yang aksesnya dua arah
Dua arah berarti banyak orang yang berlalu lalang baik jalan kaki maupun naik kendaraan. Sebaiknya pilih posisi sebelah kiri orang pulang kerja. Perhatikan juga kepadatan penduduk sekitarnya sebaiknya pilih daerah yang ada penduduknya baik sisi kiri maupun sisi kanan jalan. Ini sebagai modal untuk mendapat calon konsumen dan jangan pilih daerah jalur dua yang merupakan jalur cepat atau jalan protokol dimana jalan tersebut biasanya sekedar jalur untuk orang cepat-cepat saja.
s  Lokasi sekitar fasilitas umum
Bisa di dekat rumah sakit, sekitar terminal atau di sekitar tempat ibadah. Daerah ini sangat bagus, karena akan banyak orang yang tanpa sadar mengetahui keberadaan usaha Anda dengan berkunjung ke fasilitas umum tersebut.


s  Dalam kompleks suatu perumahan
Sekarang ini telah banyak bertebaran kompleks-komplek perumahan, tidak jarang nama kompleks tersebut bisa memberikan gambaran sebesar apa penghasilan masyarakat daerah tersebut. Dengan mendirikan usaha di dalam kompleks perumahan tertentu Anda telah menjemput bola, mendatangi calon konsumen dengan barang keperluan mereka.
s  Di ujung gang
Di ujung gang bisa menjadi sebuah lokasi yang menarik karena biasanya pusat pemberhentian orang untuk masuk ke sebuah kampung adalah ujung gang atau pintu gerbang. Jadi disini Anda bisa menembak dua calon konsumen sekaligus, penghuni gang tersebut serta pengunjung gang tersebut.
Dengan pemilihan lokasi pendirian minimarket yang terencana dan terperinci dari awal, akan menjadi sebuah momentum yang sangat menentukan dalam hal menunjang kelangsungan usaha dan perkembangan usaha yang Anda lakukan nantinya (Argamandha, 2008).

2.      Pelayanan
Untuk variabel pelayanan dari hasil penelitian mampu mempengaruhi dan memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat beli konsumen.  Berdasarkan deskripsi data diketahui bahwa aspek pelayanan yang baik dan cepat, sebanyak 63% responden menyatakan tanggapan baik. Pada aspek pramuniaga yang ramah, sebanyak  63% responden menyatakan tanggapan baik. Pada aspek karyawan-karyawati yang tepat pelayanan, diketahui sebanyak 59% reponden menyatakan tanggapan baik.
Menurut Mayer (2002), pelayanan terkait erat dengan sejumlah faktor meliputi : produk dan jasa yang ditawarkan, jasa pendukung penjualan dan kesan yang baik yang diterima konsumen. Seorang penjual dituntut untuk memberikan respon secara cerdik terhadap pertanyaan-pertanyaan tentang produk atau jasa dari konsumen, adanya sikap yang baik terhadap pelanggan dimana sikap dihubungkan dengan etika yang merupakan cara yang dapat diterima secara sosial dalam berhubungan dengan konsumen, adanya penampilan pribadi yang menarik yang merupakan kriteria terpenting yang dapat mempengaruhi konsumen.

3.      Harga
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga mampu mempengaruhi dan memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat beli konsumen sehingga penetapan harga di minimarket cukup bersaing dan terjangkau oleh konsumen, mengingat kemampuan dan daya beli konsumen di lingkungan penelitian cukup banyak memiliki perhatian terhadap harga yang diperkenalkan, adanya diskon harga yang diadakan pada bulan-bulan tertentu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dengan daya beli yang beragam.
ü  Pengembangan Questioner
Berdasarkan lokasi menyatakan :
s  Sangat setuju 16 responden atau 32%
s  Setuju 28 responden atau 56%
s  Netral 6 responden atau 12%
s  Tidak setuju 0 responden
s  Sangat tidak setuju 0 responden
Berdasarkan pelayanan menyatakan :
s  Sangat setuju 5 responden atau 10%
s  Setuju 24 responden atau 48%
s  Netral 13 responden atau 26%
s  Tidak setuju 7 responden atau 14%
s  Sangat tidak setuju 1 responden atau 2%.
Berdasarkan harga produk menyatakan :
s  Sangat setuju 6 responden atau 12%
s  Setuju 11 responden atau 22%
s  Netral 16 responden atau 32%
s  Tidak setuju 17 responden atau 34%
s  Sangat tidak setuju 0 responden
Berdasarkan adanya promo discount menyatakan :
s  Sangat setuju 11 responden atau 22%
s  Setuju 16 responden atau 32%
s  Netral 15 responden atau 30%
s  Tidak setuju 8 responden atau 16%
s  Sangat tidak setuju 0 responden

ü  Penentuan Sampel dan Populasi
Populasi dari penelitian ini adalah Alfamart dan Indomart di seluruh cabang wilayah tertentu, populasi ini diambil dari beberapa minimarket yang ada diseluruh Indonesia, karena kedua minimarket ini merupakan minimarket yang terdapat di berbagai wilayah dan pada daerah tertentu (perkotaan), minimarket ini mudah dicari. Oleh karena itu ditetapkan tiga lingkungan sebagai sampel wilayah, yaitu Tebet, Mekarsari dan Cibubur.

ü  Eksplorasi atau Pencarian Data
Pencarian data dilakukan dengan cara analisis deskriptif, melihat hasil penelitian sebelumnya yang sudah di teliti atau dibuktikan secara nyata, studi kepustakaan (library research) yaitu teknik pengumpulan data-data dengan mengacu pada buku-buku, laporan-laporan penelitian jurnal-jurnal, majalah, koran, pendapat-pendapat para ahli yang dianggap mempunyai hubungan dengan penelitian ini, yang dapat dijadikan sumber data.

ü  Kualifikasi
  1. Lokasi
Pengualifikasian lokasi pada minimarket, yaitu sebagai berikut :
s  Strategis
s  Jalan aksesnya dua arah
s  Lokasi sekitar fasilitas umum
s  Sarana tempat parkir dan keamanan yang memadai
s  Memberikan rasa aman pada konsumen

  1. Pelayanan
Pengualifikasian pelayanan pada minimarket, yaitu sebagai berikut :
s  Ramah
s  Baik
s  Cerdik

  1. Harga
Pengualifikasian harga pada minimarket, yaitu sebagai berikut :
s  Signifikan
s  Terjangkau

ü  Analisis
Tanggapan konsumen terhadap atribut minimarket yang meliputi : lokasi, pelayanan, harga, dan diskon sebagian besar responden menyatakan tanggapan yang positif atau menyetujui dan ada sebagian responden yang memberikan tanggapan negatif atau tidak menyettujui. Deskripsi data tentang minat beli konsumen menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai minat beli yang besar di minimarket dengan tingkat kemantapan yang sangat variatif, yakni : menyatakan mantap, kurang mantap, sangat tidak mantap, tidak mantap dan responden menyatakan sangat mantap.
Adanya pengaruh positif dan signifikan dari lokasi (X1), pelayanan (X2), harga barang (X3), dan diskon dari produk tertentu (X4) terhadap minat beli konsumen.Variabel atribut minimarket yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen adalah lokasi minimarket. Sementara itu pelayanan, harga, dan diskon terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli konsumen dan mempunyai hubungan yang signifikan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar