Senin, 03 Oktober 2011

PERILAKU KONSUMEN_V


ELASTISITAS


A.    Pengertian

Elastisitas adalah perubahan harga akan mempengaruhi perubahan permintaan, harga di sini tidak terbatas dengan harga barang tersebut akan tetapi juga harga barang lainnya. Pada keadaan normal, apabila harga sebuah mobil merk X turun, maka permintaan akan kendaraan tersebut akan meningkat. Pada kejadian yang sama bila harga pesaing mobil merk X naik, maka hal ini dapat menyebabkan permintaan mobil merk X akan naik. Mobil pesaing ini disebut barang subtitusi. Di samping itu bila harga barang pelengkap atau komplementer (misalkan bahan bakar) turun maka permintaan mobil merk X juga akan naik.

1.      Elastisitas silang
Elastisitas silang adalah efek atas perubahan permintaan atau penawaran dari satu barang sebagai akibat dari perubahan dalam sesuatu yang berkaitan dengan produk lain berapa banyak perubahan harga satu produk yang akan mengubah volume penjualan lain.
Elastisitas harga silang dari produk A dengan produk B adalah:
(Q A / T A) / (ΔP B / P B)
dimana
T A  adalah kuantitas penjualan A
Q A adalah perubahan jumlah A dijual
P B adalah harga B
ΔP B adalah perubahan harga B.

Sebuah elastisitas silang tersebut dapat positif atau negative, jika dua barang komplementer maka kenaikan harga satu akan mengurangi permintaan untuk keduanya, jika mereka pengganti (misalnya, alam dan karet sintetis) kenaikan harga satu akan meningkatkan permintaan untuk yang lain.

2.      Elastisitas pendapatan
Penghasilan elastisitas mengukur seberapa sensitif penjualan sesuatu yang baik untuk perubahan pendapatan konsumen, hal ini:
Q / T) / (Δ Y / Y)
Dimana:
Q  = adalah kuantitas yang diminta
Y  = adalah pendapatan, dan
Δ  =  memiliki arti yang biasa untuk menunjukkan perubahan.

Elastisitas penghasilan mengarah pada efek pendapatan dan klasifikasi barang sebagai inferior atau normal. Pendapatan elastisitas lebih besar dari satu juga telah digunakan untuk mengklasifikasikan barang sebagai kemewahan daripada kebutuhan.


Referensi :

  1. http://www.scribd.com/TEORI-PERILAKU-KONSUMEN
  2. http://paperusadvance.blogspot.com/
  3. http://www.e-dukasi.net
  4. Buku yudistira sma kelas X
  5. www.endz4shared.cn.cc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar