Senin, 10 Oktober 2011

TUGAS METODE RISET III


ANALISIS MENGENAI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET


LATAR BELAKANG MASALAH
1.      Riset
Sejalan dengan perkembangan yang berlangsung di Indonesia saat ini dari tahun ke tahun proses pemenuhan akan kebutuhan hidup terutama yang menyangkut mengenai kebutuhan primer serta sekunder meningkat terus menerus. Hal ini menyebabkan manusia yang berperan sebagai konsumen menginginkan proses pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari agar tercipta lebih mudah, dimana pada saat ini kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat belanja yang mudah dan langsung. Hal ini mendorong pengusaha-pengusaha untuk menanamkan modalnya dibidang usaha retail serta memperluasnya. Dengan munculnya usaha-usaha retail baru tersebut tentu dapat mempengaruhi pangsa pasar yang sudah ada. Untuk itu maka perlu adanya peningkatan pelayanan terhadap konsumen serta pemulihan strategi pelayanan yang tepat agar para konsumen yang telah dikuasai dapat dipertahankan atau bisa meningkatkan konsumen yang sudah ada tersebut, dengan adanya hal tersebut ternyata dapat dihadirkan oleh para pelaku bisnis usaha retail yang menempatkan usaha-usaha retail tersebut yang telah kita kenal dengan sebutan minimarket dalam skala kecil.


2.      Fenomena
a.       Minimarket adalah perusahaan retail yang bergerak di bidang penjualan produk-produk yang digunakan oleh para konsumen dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Banyaknya kebutuhan primer dan sekunder yang harus dipenuhi oleh para konsumen menyebabkan konsumen tersebut menginginkan proses pembelian barang yang secara mudah dan langsung.
c.       Harga, lokasi dan hadiah yang ditawarkan oleh produk termasuk faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat para konsumen.
d.      Hipotesis :
Ho : Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan minimarket.
Ha : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan minimarket.



3.      Riset Terdahulu
a.       Menurut Appandy Zarkasie (2011), menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen minimaket adalah lokasi minimarket, dimana konsumen hanya perlu mencarinya di dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam satu tempat saja.
b.      Menurut Dohot Persadaan (2010), menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen minimarket adalah  pelayanan semakin lengkap untuk menghadapi persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi konsumen, maka minimarket harus melakukan berbagai jenis upaya dalam kegiatan pemasyarakatan.
c.       Menurut Sri Rahayu (2010), menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen minimarket adalah strategi pelayanan yang tepat agar para konsumen yang telah dikuasai dapat dipertahankan atau bisa meningkatkan konsumen yang sudah ada tersebut.



4.      Motivasi Penelitian
Berdasarkan tema dan riset terdahulu maka penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen menurut Appandy Zarkasie (2011), Dohot Persadaan (2010), Sri Rahayu (2010) merekomendasikan untuk melakukan riset dengan menambahkan harga, diskon atau hadiah yang ditawarkan setiap produk sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen juga.


5.      Masalah
a.       Kemampuan minimarket dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap harga barang yang dijual.
b.      Kemampuan minimarket dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap kualitas barang yang dijual.
c.       Kemampuan minimarket dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap fasilitas tempat yang memberikan kenyamanan bagi setiap konsumen yang melakukan transaksi atau melakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan oleh minimarket tersebut.
d.      Kemampuan minimarket dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap sikap para pegawai minimarket dalam melayani para konsumennya.
e.       Menurunnya tingkat pelayanan sebagai akibat dari kegagalan dalam pelaksanaan pelayanan yang akan menyebabkan menurunnya jumlah konsumen yang akan datang mengakibatkan kerugian pada minimarket.


6.      Tujuan Masalah
a.       Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen minimarket.
  1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari harga produk, lokasi, diskon atau hadiah yang diberikan produk tertentu terhadap konsumen yang datang.
c.       Bagi penulis untuk menambah pengetahuan serta memperluas wawasan dan bahan perbandingan penelitian selanjutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar