SASARAN DAN RUANG LINGKUP ETIKA
BISNIS
Ada tiga sasaran dan ruang lingkup pokok etika bisnis
di sini, yaitu :
1. Etika bisnis sebagai etika profesi
membahas berbagai prinsip, kondisi, dan masalah yang terkait dengan praktek
bisnis yang baik dan etis.
Dengan kata lain, etika bisnis pertama-tama bertujuan
untuk menghimbau para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara baik dan
etis.
2. Menyadarkan masyarakat, khususnya
konsumen, buruh, atau karyawan dan masyarakat luas pemilik aset umum semacam
lingkungan hidup, akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar
oleh praktek bisnis siapa pun juga.
Pada tingkat ini, etika bisnis berfungsi untuk
menggugah masyarakat untuk bertindak menuntut para pelaku bisnis untuk
berbisnis secara baik demi terjaminnya hak dan kepentingan masyarakat tersebut.
Etik bisnis mengajak masyarakat luas, entah sebagai kartayan, konsumen, atau pemakai
aset umum lainnya yang berkaitan dengan kegiatan bisnis, untuk sadar dan
berjuang menuntut haknya atau paling kurang agar hak dan kepentingannya tidak
dirugikan oleh kegiatan bisnis pihak mana pun.
3. Etika bisnis juga berbicara mengenai
sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu praktek bisnis.
Dalam hal ini, etika bisnis lebih bersifat makro, yang
karena itu barang kali lebih tepat disebut etika ekonomi. Dalam lingkup makro
semacam ini, etika bisnis berbicara mengenai monopoli, oligopoli, kolusi, dan
praktek-praktek semacamnya yang akan sangat mempengaruhi tidak saja sehat
tidaknya suatu ekonomi melainkan juga baik tidaknya praktek bisnis dalam sebuah
negara.
Referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/09/teori-etika-bisnis-dan-pengertian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar